Me vs Nephrotic Syndrome (Melawan SN)

Halo mblo, apa kabar? Semoga sehat dan lekas dikasih jodoh yaa, Aamiin

Sudah lama banget nih nggak nulis di blog ini, ya walaupun sebenernya nulis dan nggak nulis tetep sama saja, gak ada yang baca (visitor nihil)

me-vs-nephrotic-syndrome-penyebab-penyakit-sindrom-nefrotik

Oh ya, kali ini aku mau cerita tentang pengalamanku melawan Nephrotic Syndrome selama kurang lebih 5 tahunan ini

Oke langsung saja ke intinya…
Sebelumnya kalian tahu nggak sih apa itu Sindrom Nefrotik (Nephrotic Syndrome) atau sering disingkat SN? Mungkin masih banyak yang belum tahu, soalnya SN ini penyakit mahal dan bukan juga penyakit merakyat seperti pilek dan mumet

Loh kenapa penyakit mahal? Nanti aku jelasin dibawah

Jadi, Sindrom Nefrotik itu sebuah penyakit atau gangguan yang menyerang ginjal. Gampangnya Sindrom Nefrotik itu gangguan ginjal yang menyebabkan tubuhmu (manusia) kehilangan banyak protein yang dibuang lewat urine

Terus kenapa aku sebut penyakit mahal?
Alasan pertama karena harga obatnya mahal mahal, semahal senyummu kepadaku hiks, yang kedua langka

Nggak semua Rumah Sakit punya stok obat untuk penderita SN, contohnya Sandimun Neoral yang gak boleh diedarkan di Rumah Sakit Daerah, harganyapun ada yang ratusan ribu per-bijinya alias sak empleng. Bahkan yang namanya Albumin isi 100ml itu saja harganya 3jt

Kok mahal sampe 3jt? Ya emang mahal, kalau mau yang murah pakai putih telur atau iwak kotes, tapi dalam penyembuhan tetep beda hasilnya. Dan terlebih ginjal itu kan merupakan organ paling vital, jadi kalau sampe kenapa napa (sakit) itu maneman, banyak ruginya. Sehat memang mahal harganya

Selama 5 tahun ini aku sudah masuk Rumah Sakit sebanyak 3 kali guys, sekali di RSUD Temanggung (2013) dan dua kali di RSUP Kariadi Semarang (2015 dan 2018)

Mungkin pembaca lama blog ini pernah baca tulisanku yang berjudul 19 Hari di Semarang, nah itu merupakan kali kedua aku masuk Rumah Sakit

#Januari Tahun 2013

Tahun dimana aku mulai terkena penyakit SN ini. Penyebab terkena penyakit Sindrom Nefrotik ini karena aku minum Fanta *yang aku inget*

Tapi yang dokter bilang macem macem, ada yang bilang aku kurang minum air putih, karena keturunan, suka minum minuman keras *padahal ciu saja aku nggak tahu, lah diarani sok minum :( hiks* dan sering minum yang bersoda. Haduh… aku juga jarang banget minum minuman yang bersoda bu dok

Bahkan beberapa mereknyapun aku tak tahu, yang ku tahu hanyalah DJ Soda wkwkwk

Jadi ceritanya dulu aku diundang temen ke acara ulang tahunnya, terus aku dikasih jajanan satu tas yang isinya macem macem, salah satunya Fanta yang kalengan

Nah sampe rumah aku minum tuh, karena belum habis aku buntel plastik dan aku kareti, esok harinya aku minum lagi. Dan apa yang terjadi?? Beberapa hari kemudian aku jadi gemuk, setiap bangun tidur mata bengkak termasuk kaki

Awalnya sih aku ngira gemuk normal, karena saat itu gak ada rasa sakit atau nyeri yang aku rasakin. Sampe akhirnya aku makin gemuk, buang air kecilnya susah dan warnanya agak merah plus mumpluk (berbusa)

Dibawalah aku ke Puskesmas dan langsung disarankan untuk check up lanjutan ke Rumah Sakit dan akhirnya dirawatlah aku di RSUD Temanggung selama 11 hari

#September Tahun 2015

Tahun dimana aku harus masuk Rumah Sakit lagi untuk yang kedua kalinya. Kalau ini kasusnya bukan karena minum lagi, tapi karena kecapean aktifitas dan obatnya gak cocok

Dulu sudah tahu kalau badan lagi capek tapi tak paksain buat ikut jalan jalan ke Bali *maneman kalau gak ikut, banyak yang seger seger disana* dan juga ikut tanding futsal

Badan bengkak lagi, kemudian di periksa ke RSUD Temanggung. Nah dari RSUD Temanggung aku dirujuk ke RSUP Kariadi Semarang Karena di sana ada obat yang lebih cocok dan sekalian mau di Biopsi

Biopsi? Jajanan apalagi itu?
Biopsi itu proses pengambilan sebagian (sample) jaringan untuk diperiksa (analisis), jadinya nanti bisa tahu penyakit/gangguan si penderita secara spesifik

Kalau sakit ginjal yang di Biopsi apanya? Caranya?
Ya ginjalnya lah, dengan cara disuntik dan diambil sedikit jaringan ginjalnya

Alatnya kaya gini guys wkwk gausah dibayangkan, ngeri
alat-untuk-biopsi-ginjal-sindrom-nefrotik
Image by https://sehatafiat.com/biopsi/

#September Tahun 2018

Baru sebulanan ini aku masuk RS lagi untuk yang ketiga kalinya, penyakitku kambuh lagi, badan bengkak semua (edema)

Penyebab penyakit Sindrom Nefrotik kali ini bukan karena minum bersoda, kecapean, tapi karena aku kebanyakan makan daging merah (sapi), bakso dan sebulan lebih nggak aku minum obatnya

Hahaha konyol dan bodoh emang, dan ini salah sendiri *kapok*. Sudah tau sakitnya sakit yang bahaya tapi masih saja menyepelekan dengan makan makan-makanan yang dilarang dan juga gak minum obat hmmm *merenung*

Berat badan yang awalnya 55kg naik jadi 67kg, selisih 12kg itu cairan semua

Kok bisa jadi bengkak dan bb naik? Kenapa?
Bisa begitu karena ada penumpukan cairan (edema) guys. Kurangnya kadar protein dalam darah (karena terbuang lewat urine) akan memperlambat aliran air dari jaringan tubuh masuk ke pembuluh darah. Jadinya air numpuk di jaringan tubuh terus bengkak, biasanya sih di bagian mata, sekitaran perut dan kaki

Nah karena banyaknya air dalam tubuh itu makanya berat badan jadi naik secara drastis

Alhamdulillah sekarang sudah sehat dan dalam masa pemulihan, semoga ini menjadi yang terakhir kalinya. Aamiin

Dari 3 kejadian itu yang paling sering menyebabkan sakit Sindrom Nefrotik adalah karena minuman instan dan minuman bersoda, seperti minum Sprite, Fanta (pengalaman sendiri), Ale Ale, The Rio, Phanter dll

Bahkan kemarin Senin, 12 Nov 2018 pas check up di Semarang aku ketemu sama anak umur 5thn yang sudah terkena Sindrom Nefrotik (ginjal bocor) dan juga jantung bocor karena minum Ale Ale dan Teh Rio

Kesimpulanya, memang minuman atau makanan yang instan itu nggak baik buat tubuh

Buat kalian mblo, jangan sering minum minuman yang bersoda dan minuman instan seprti yang aku sebut diatas, gak lucu kan kalau kalian sakit? Udah jomblo sakit sakitan pula *kaya saya hiks hiks*
Kalau sesekali sih boleh tapi yo ojo kekerepen. Mending hindari atau gak usah sekalian, ngombe banyu kolah *read:putian* malah sehat

Pokoknya hindari makanan dan minuman instan, juga mecin dan msg. Aku nggak ngelarang, tapi cuma pengen biar organ tubuh kalian itu tetep sehat dan berjalan normal, sayang kalau sampe ada yang rusak, apalagi itu organ paling vital (ginjal)

Di dunia ini nggak ada yang ider (jualan) ginjal, jantung, hati dll… adanya di Rumah Sakit dan kamu harus bayar mahal dulu baru bisa dapet organ tesebut, makanya SAYANGI DIRIMU itu jauh lebih penting ketimbang sayangi DIRI-NYA *si Dia*


2 Responses to "Me vs Nephrotic Syndrome (Melawan SN)"

Silahkan berkomentar sesuka hati kalian. Masukan, kritikan, saran dan hujatan diterima :D

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel