Ini foto bareng bersama peserta Hijab Day & Workshop Temanulis

Jum’at, 09 Febuarui 2018 - Komunitas Belajar Menulis Temanggung atau Temanulis (@temanulis) berkesempatan untuk ngisi “Workshop Hand Lettering & Calligraphy” di salah satu sekolah favorit di Temanggung yaitu di SMA N 1 Temanggung.

Ini merupakan kegiatan workshop perdana saya bareng Temanulis (Temanggung Menulis) dan juga workshop pertamanya Temanulis. Beberapa anggota Temanulis yang ikut workshop adalah Bang Sandy @pen_tulangkiri, Si Nopal @mnaufal.huda, Wahyu Ndrenden @wahyudrn, Mas Afan @afantype, Bang Sat @satiahayup dan Saya sendiri @sukatidurr

Kok bisa diundang, gimana ceritanya?
Berawal dari pengalaman tahun sebelumnya, mbak-mbak smasa (SMA N 1 Temanggung) banyak yang bosen dengan acara Hijab Day yang isinya motivasi dari alumni smasa. Alhasil bukannya nyimak, mereka malah tidur nyenyak.

Dengan alasan tersebut, mereka ingin membuat acara Hijab Day tahun 2018 ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Dipilihlah "dakwah" sebagai tema/konsep pada acara Hijab Day kali ini.

Ini foto bareng Pengurus Rohis Al-Ikhlas SMA N 1 Temanggung

Ngomongin soal dakwah, nggak semua orang bisa dakwah secara langsung. Alasan yang membuat mereka tidak berani dakwah secara langsung adalah karena malu, nggak PD, dan belum menguasai public speaking.

Problem itulah yang melatarbelakangi mereka mau mengundang Temanulis, karna yang namanya dakwah tidak hanya bisa disampaikan secara langsung, tapi juga bisa melalui media seperti tulisan hand lettering, calligraphy, dan typography.

"Mengenai dakwah lewat tulisan hand lettering, banyak dari mereka yang belum tahu cara nulis bagus yang bikin orang tertarik membacanya. Nah kebetulan di Temanggung ada komunitas yang bergerak di bidang seni menulis huruf indah, jadi mereka (panitia) mengundang Temanulis untuk ngajarin mbak-mbak smasa gimana sih cara nulis yang keren?" - Kata salah satu panitia Hijab Day.

Acara workshopnya gimana?
Untuk workshop dari Temanulis Alhamdulillah lancar. Pokoknya seru! Ditambah mbak-mbak smasa yang assyiqueee haha. Singkat cerita, setelah sesi workshop selesai, Temanulis ngadain sesi tanya jawab dan yang bisa jawab dikasih hadiah tulisan nama yang dibuat sama Bang Sandy (@pen_tulangkiri) dan Bang Sat (@satiahayup)

Ini foto para pemenang yang bisa njawab soal-soal seputar hand lettering

Bisa dibilang sesi ini yang paling seru dan rejeh alias rame dan meriah. Semangat dari mbak-mbaknya, ditamabah guyonan dari beberapa anggota Temanulis yang bikin acara tambah pecah. Salah satunya bagian ini haha


Selain workshop, Temanulis juga dapat tugas untuk menilai karya mbak-mbak samasa dalam lomba hand lettering. Jujur, karya-karya mereka keren-keren, ternyata beberapa dari mereka bakat dalam seni perhurufan! Dan inilah para pemenangnya…

Ini para pemenang lomba hand lettering yang diadakan oleh Temanulis

Setelah workshop dan nilai karya selesai, Temanulis juga nulisin nama (lagi) untuk mereka yang minta. Asli, uakeh banget yang minta tulisin nama, ada yang minta nama sendiri, ada yang minta nama untuk temen, ada juga yang buat temen yang sedang ulang tahun.

Ini pas Temanulis nulisin rekwestan nama-nama

Kalau mereka yang diatas lagi fokus nulisin nama buat yang minta, saya juga sedang nulisin nama +  nanda tangani tulisannya. Mbuh ngopo kok yo ono sik njaluk tanda tangan barang.

Ini saya sendiri sedang nulisin nama dan nandatangani

Pokoknya acara hijab day dan workshop di smasa kemarin itu seruu...

Matursuwun untuk seluruh panitia Hijab Day 2018 SMA N 1 Temanggung yang telah mengundang Temanulis. Terimakasih juga untuk mbak-mbak smasa yang sudah meramaikan acara Hijab Day tahun ini. Kalian memang luar biasa!