Jadi ceritanya Temanulis diundang untuk ngisi workshop hand lettering & calligraphy di acara Hijab Day-nya SMAN 1 Temanggung, nais!



Jum’at, 09 Febuarui 2018 - Komunitas Belmen Temanggung atau Temanulis (@temanulis) berkesempatan untuk ngisi “Workshop Hand Lettering & Calligraphy” di salah satu sekolah favorit di Temanggung yaitu di SMAN 1 Temanggung.

Ini merupakan kegiatan workshop perdana saya bareng @temanulis dan juga workshop pertamanya Temanulis. Beberapa anggota Temanulis yang ikut workshop saat itu adalah Sandy @pen_tulangkiri, Nopal @mnaufal.huda, Wahyu @wahyudrn, Afan @afantype, Satia @satiahayup dan Saya sendiri @sukatidurr

Lokok Temanulis sing diundang, pie critane?
Berawal dari pengalaman tahun sebelumnya, mbak-mbak smasa (SMAN 1 Temanggung) banyak yang bosen dengan acara Hijab Day yang isinya motivasi dari alumni smasa. Bukannya nyimak kata-kata bijak dari sang motivator, mereka malah main gedget, ngobrol sama temen, dan yang paling parah yaitu malah molor.

Dengan alasan tersebut, mereka “Rohis Al-Ikhlas” ingin membuat acara Hijab Day tahun 2018 ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, nggak gitu-gitu terus.


Yaitu tentang Dakwah…
Nggak semua perempuan itu bisa dakwah secara langsung, salah satu hal yang membuat mereka (perempuan) tidak beerani dakwah secara langsung adalah karena malu. Dakwah juga tidak harus dilakukan secara langsung, tapi juga bisa lewat media seperti tulisan.

Mengenai dakwah lewat tulisan, nggak semua ukhty-ukhty itu tahu cara nulis bagus (dakwah lewat tulisan) yang bikin orang tertarik membacanya. Nah kebetulan di Temanggung ada komunitas yang bergerak di bidang seni menulis huruf indah, jadi Rohis Al Ikhlas mengundang Temanulis untuk ngajarin mbak-mbak smasa gimana sih cara nulis yang keren? - Kata salah satu panitia Hijab Day.

Karena alasan itulah Temanulis diundang oleh Rohis Al-Ikhlas (Orgaisasi Islam SMAN 1 Temanggung) untuk ngisi workshop hand lettering & calligraphy di acara Hijab Day 2018 ini.

Sebenarnya, yang punya ide itu Ukhty Tika dan Ukhty Ratna yang kebetulan juga anggota Temanulis. Selain lagi ngetren soal hand lettring, mereka mengusulkan workshop tersebut untuk mengenalkan Komunitas Belmen Temanulis di SMAN 1 Temanggung. Dan Alhamdulillah di sambut baik oleh semua anggota Rohis. Matursuwun!

Terus acara workshopnya gimana?
Untuk acara Hijab Day dan Workshop dari Temanulis Alhamdulillah lancar. Pokoknya seru! Ditambah  bak-mbak smasa yang assyiqueee haha. Setelah sesi workshop selesai, Temanulis ngadain sesi pertanyaan dan yang bisa jawab bakal dikasih hadiah tulisan nama yang dibuat sama Sandi (@pen_tulangkiri) dan Satia (@satiahayup)


Bisa dibilang sesi ini yang paling seru dan rame. Mbak-mbaknya semangat banget, ditamabah guyonan dari beberapa anggota Temanulis yang bikin acara tambah pecah, apalagi pas bgaian ini :D

Selain workshop, Temanulis juga dapat tugas untuk menilai karya mbak-mbak samasa dalam lomba Lettering dari Temanulis. Jujur, karya-karya mereka keren-keren, ternyata beberapa dari mereka bakat dalam seni perhurufan! Dan inilah para pemenangnya…


Setelah workshop dan nilai karya selesai, Temanulis juga nulisin nama (lagi) untuk mereka yang minta. Dan… banyak banget yang minta tulisin nama, ada yang minta nama sendiri, ada yang minta nama untuk temen, ada juga yang buat temen mereka yang sedang ulang tahun.


Kalau mereka yang diatas lagi fokus nulisin nama buat yang minta, saya juga sedang nulisin nama +  nanda tangani tulisannya. Nggak tau kenapa kok beberapa dari mereka minta di tanda tangani tulisan namanya haha.


Pokoknya acara hijab day dan workshop di smasa kemarin itu seruu...

Terimaksih saya ucapkan kepada segenap keluagra besar Rohis Al-Ikhlas yang telah mengundang Kami Temanulis dan terimakasih juga untuk mbak-mbak smasa yang sudah meramaikan acara Hijab Day tahun ini. Kalian memang luar biasa!